Bu Satikasari, S.Pd sedang mempresentasikan hasil penelitiannya

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan oleh guru adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. PTK yang dilaksanakan oleh guru dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran melalui suatu kajian yang ilmiah terhadap apa yang terjadi di kelasnya. PTK merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Sehingga pelaksanaan PTK tidak mengganggu tugas utama guru, karena tidak perlu meninggalkan kelasnya. Dengan adanya PTK guru akan menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upayainovasi sebagai penerapan dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya. Selain itu penerapan PTK dalam pendidikan dan pembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas praktik pembelajaran secara berkesinambungan. Yang harapannya dapat meningkatkan mutu hasil instruksional; mengembangkan keterampilan guru; meningkatkan relevansi; meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional; serta menumbuhkan budaya meneliti pada pada komunitas guru.
Beberapa waktu yang lalu, salah satu guru di SMP Negeri 3 Warureja melaksanakan seminar PTK. Beliau adalah Ibu Sartikasari, S.Pd yang merupakan guru mata pelajaran IPS. Seminar PTK yang diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2022 ini dihadiri oleh bapak Darmanto, S.Pd. M.Pd selaku pengawas sekolah, bapak Uripto, M.Pd selaku Ketua Tim Penilai Angka Kredit Kabupaten, rekan guru dari SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Warureja, serta bapak/ibu guru SMP Negeri 3 Warureja. Adapun PTK yang diseminarkan berjudul Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Mind Mapping. Subyek penelitian yang dilakukan oleh ibu Sartikasari, S.Pd adalah kelas IX C SMP Negeri 3 Warureja. Selain menjadi menjadi nilai tambah untuk angka kredit sebagai PNS, seminar PTK ini diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan sebagai motivasi bagi bapak/ibu guru lainnya untuk menyusun penulisan karya ilmiah khususnya menulis Penelitian Tindakan Kelas.